Bank Nagari Jadi  Penerima Setoran

Bank Nagari Jadi Penerima Setoran

PADANG—Bank Nagari atau Bank Pem -bangunan Daerah (BPD) Sumatra Barat akhirnya ditetapkan sebagai salah satu dari 17 bank yang ditunjuk Kementerian Agama sebagai penerima setoran biaya haji.

Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Nagari Indra Wediana mengatakan penunjukkan oleh Kementerian Agama tersebut memungkinkan Bank Nagari mengelola anggaran haji lebih besar, bisa melebihi angka Rp2 triliun.

“Perlu disyukuri Bank Nagari masih dipercaya. Artinya akan lebih banyak lagi dana haji yang akan dikelola oleh Bank Nagari,” katanya kepada Bisnis, Kamis (19/12).

Dia menyebutkan sejak 2004 hingga 2013, Bank Nagari konvensional telah di -tunjuk sebagai Bank penerima setoran biaya perjalanan ibadah haji (BPS-BPIH) dengan total jemaah 26.732 orang.

Sementara itu, jumlah daftar tunggu saat ini mencapai 14.700 orang. Jika setoran haji berjumlah Rp25 juta per orang, maka nilai yang dikelola Bank Nagari melalui 14.700 orang daftar tunggu melebihi angka Rp200 miliar.

“Setidaknya kan, dengan ditunjuknya Bank Nagari sebagai BPS-BPIH, Rp200 miliar itu masih tetap di sini. Malah bisa bertambah lebih besar,” katanya.

Indra mengatakan dana setoran ibadah haji yang dikelola Kementerian Agama mencapai Rp60 triliun. Setengah dari anggaran tersebut disimpan dalam bentuk surat berharga, sementara sisanya Rp30 triliun ditempatkan di bank konvensional.

“Jika Rp30 triliun itu dibagi 17 bank yang ditunjuk, masing-masing bank bisa dapat hampir Rp2 triliun,” ujarnya.

Sumber : Harian Bisnis Indonesia (20/12/2013)

Response to this project

characters left

No comments yet.