DUBAI ISLAMIC BANK Bidik 2 Bank Syariah di RI

DUBAI ISLAMIC BANK Bidik 2 Bank Syariah di RI

Bisnis.com, JAKARTA–Dubai Islamic Bank menyatakan minatnya untuk mengakuisisi saham dua bank syariah di Indonesia yakni PT Bank BNI Syariah dan PT Panin Bank Syariah Tbk.

Dikutip dari Bloomberg, Jumat (9/5/2014), DIB tengah melakukan pembicaraan untuk membeli 40% saham bank syariah di Indonesia sebagai bagian dari rencana ekspansi ke luar Dubai.

CEO DIB Adnan Chilwan memastikan proses akuisisi tersebut akan selesai sebelum akhir tahun ini. Selain itu, DIB juga berencana untuk membuka kantor di Kenya dan negara Afrika lainnya pada tahun ini.

“Kami tidak akan pergi ke Indonesia apabila tidak melihat adanya potensi. Ini adalah pasar yang sangat besar ketika melihat penduduk muslim, tapi tidak ingin melakukan transaksi ini 5 tahun lalu karena valuasi terlalu tinggi,” tegasnya.

Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar dunia tetapi pasar keuangan syariah masih tertinggal dibandingkan negeri tetangga, Malaysia. Pembiayaan bank syariah di Indonesia hanya 4,8% dari total aset perbankan dibandingkan dengan Malaysia yang telah mencapai lebih dari 20%.

Tercatat, Indonesia memiliki 23 bank syariah dengan hanya satu bank yang melantai di pasar modal yakni Panin Bank Syariah. Bank Indonesia mengharapkan aset perbankan syariah dapat tumbuh 19%-29% tahun ini.

Sumber : Bisnis.com

Response to this project

characters left

No comments yet.